FIND ME

ms.alwayshungry@gmail.com
edith_fyansa@yahoo.com

Sunday, November 11, 2012

BAKMI AYAM ALOK @ GG.MANGGA (TANJUNG DUREN)


Ayo...apa bedanya bakmi sama mi aja? Menurut mbah google, bakmi itu sebenernya gabungan dari 2 kata dialek Hokkian ; bak (daging babi) dan mi. Jadi kalo mi topingnya daging ayam maka gak bisa disebut bakmi ayam tapi cukup mi ayam aja. Nah jadi 'Bakmi Ayam Alok' menurut tata bahasa itu tidak bener dan bakmi-bakmi lain yang topingnya bukan daging babi :) *sok pinter banget dah* Eniwei, Ms.AH gak pernah bosen sama yang namanya mi ayam, beda kalo ketemu ramen yang ngetrend itu, kalo sama ramen, abis makan sekali rasanya minimal tiga bulan kemudian baru pengen makan lagi. Kalo mi ayam sih tiap minggu makan juga Ms.AH hepi. Dari sekian ribu entah berapa ribu tepatnya tempat makan mi ayam, Ms.AH punya tempat mi ayam jagoan, namanya bakmi ayam Alok.

Di bakmi Alok, minya itu dibuat dari telor bebek jadi warna kuningnya beda dari mi-mi laennya, apalagi sama indomie, beda jauh....ciyusss :D. Selain warna, rasa dari mi-nya juga lebih gurih dari mi jelata *emang bakmi Alok mi ningrat XP*, teksturnya juga lebih kenyal. Untuk topingnya cuma ada ayam rebus dan kita bisa milih mau ayam bagian apa, pake kulit atau gak. Ms.AH sih selalu pesen mi ayam dada tanpa kulit terus dipakein daun bawang banyak-banyak (ada toples daun bawang ayce di setiap meja) plus ditambah sedikit lada biar wangi dan sambel home made khas Alok. 

Pas terakhir (kemaren) ke bakmi Alok, mi-nya enak seperti biasa, kuah kaldu ayamnya gurih tapi oh tapi entah apa yang terjadi dengan sambelnya itu saudara-saudara...aseeeem banget, gak biasa-biasanya begitu. Well, enak gaknya makanan tergantung sambelnya dong ya, sambel enak pasti tuh makanan enak, sambel gak enak, makanan yang tadinya enak jadi ancur, begitulah kejadiannya kemaren. Tapi biar gimana, Ms.AH tetep menjadikan bakmi Alok sebagai tempat makan mi kesayangan koq, masalah sambel cuma karena hari itu lagi gak beruntung aja. Next time will be perfect, Ms.AH tetep has faith on bakmi Alok :)


Biasanya sebagai temen makan mi, Ms.AH selalu pesen setengah porsi bakso sama setengah porsi pangsit rebus. Baik bakso maupun pangsit rebusnya bakmi Alok gak pernah sekalipun mengecewakan, selalu jadi jodoh yang pas buat makan mi. Yah segitu dulu aja tentang bakmi Alok jagoannya Ms.AH, kalo ada yang punya tempat makan mi ayam paporit yang lebih enak dari Alok, kasih tau ya...Psssttt....kalo Mr.HATT yang ditanya, pasti dia langsung nunjuk mi karet di Pasar Baru. Kapan-kapan kalo Ms.AH makan mi karet pasti Ms.AH ceritain di sini. So long....

3 comments:

  1. I always love this noodle,
    +daun bawang +sambel +kecap asin
    nyum!

    ReplyDelete
  2. :D selera kita sama dong Niya....kemaren lagi rada unlucky aja sama sambelnya :(

    ReplyDelete
  3. mengiurkan ... berarti ngak pake bak yaaa ???

    ReplyDelete