FIND ME

ms.alwayshungry@gmail.com
edith_fyansa@yahoo.com

Friday, October 16, 2015

ISLAND HOPPING DI BELITUNG

Owkeh....kita sampe ke highlightnya Belitung trip ini, gak lain gak bukan acara island hopping. One of my friend asked me...gimana kalo pergi ke Belitung skip ber island hopping ini. Miss bilang rugi banget soalnya menurut miss intinya pergi jalan-jalan ke Belitung ya karena pengen liat betapa cakepnya pantai-pantai di sana, kalo cuma mampir ke area Tanjung Tinggi dan sekitarnya ya gak cukup lah. Pasti nyesel deh kalo udah sampe ke Belitung tapi malah gak liat pulau-pulau cantik sekitarannya that make this island famous. Tapi itu selera pribadi aja sih, mungkin ada orang yang lebih tertarik sama history and culture jadi menjelajah area Belitung Timur yang kental sama budaya minum kopinya lebih menarik daripada panas-panasan di pantai, terombang-ambing di perahu. It's your choice...dan buat yang lagi planning mau keBelitung, mari-mari sini Ms.AH bantu kasih info tentang island hoppingnya.



Untuk sewa perahunya miss udah pesen sekalian sama sewa mobil, tapi sebenernya gak perlu gitu-gitu banget kalo dateng pas bukan musim liburan. Langsung go show aja ke pantai Tanjung Kelayang trus sewa kapal on the spot. Harga sewa kapal seharian IDR.450k-500k untuk kapal kecil yang maks bisa diisi 10 orang. Rada mahal sih mengingat sebenernya rute island hoppingnya gak jauh-jauh banget dari pantai Tanjung Kelayang itu. Pulau-pulau yang biasa didatengin itu jaraknya deket satu sama lain. Rute pertama adalah main di Pulau Batu Berlayar, pulau kecil yang dihiasi bebatuan, berpasir putih,  karakteristiknya mirip sama pantai Tanjung Tinggi. Ms.AH en Mr.HATT rendem-rendem cantik/ganteng disini, enak banget!


Puas main di pulau Batu Berlayar kita mampir ke Pulau Pasir Gosong, cuma bisa didatengin waktu laut surut. Bentuknya cuma kaya gundukan pasir seluas lapangan bola. Pas miss dateng gundukan pasirnya udah kerendem air laut cetek, padahal kalo lagi bener-bener surut itu jadinya pulau pasir. Berhubung ya bentuknya cuma pasir kerendem air cetek gitu, gak banyak kegiatan yang bisa dilakuin kecuali foto-foto. Mau  berendem-berendem juga gak gitu enak soalnya mulai banyak perahu yang dateng ke sini. Bisa-bisa jadi tontonan publik kalo keasyikan berendem gak jelas di sini hehehe. Ohya biarpun miss perginya hari Senin, bukan hari libur, lumayan banyak juga loh turis ya g ber-island hopping. Gak nyangka juga sih, miss kira  bakal beneran sepi banget, ternyata tidak juga.


Next, rute ke Pulau Lengkuas, ini pulau wajib dateng karena ada iconnya yaitu sebuah mercusuar yang bisa kita naikin trus foto-foto pemandangan cantik dari atas. Miss sih males naek, soalnya tinggi banget hahaha, gak segitu eagernya juga pengen liat pemandangan dari atas. But actually, its kinda a must do activity sih kalo main ke Pulau Lengkuas. Ada yang jual snack sama minuman di pulau ini, jadi orang suka sekalian piknik, buka bekel makanan di sini dan juga di Pulau Kepayang (miss dan mister rute terakhirnya ke sini).


Pulau Kepayang ini keliatannya pulau terluas dari pulau-pulau yang sebelumnya, di sini ada penangkaran penyu, tempat makan, dan penyewaan bungalow. Ms.AH dan Mr.HATT udah bawa bekel nasi bungkus hasil beli di Dapur Sakato, Tanjung Pandan. No review buat makanan Dapur Sakato karena  pertama lupa difoto dan makannya udah kesiangan banget padahal belinya pagi-pagi, jadi udah susah deh dibilang enak atau gaknya hehehe. Kita ngabisin waktu lumayan lama di pulau ini, selain numpang makan siang kami juga duduk-duduk minum kelapa muda sambil menikmati pemandangan yang yaa ampuun cakepnya. Pulau ini mirip banget sama salah satu pulau di Phuket yang kalo gak salah sih namanya Kai Island. Bedanya Kai Island rame sama penyewaan payung en kursi buat sun bathing plus rame turisnya nah di Kepayang semuanya masih alami dan gak terlalu komersial banget. Cuma sebagai turis mainstream...miss sama mister tetep lebih seneng kalo pantai-pantai or pulau-pulau di area Belitung ini bisa lebih komersiil lagi kaya pantai atau pulau di Phuket. Kalo kita bisa sewa payung sambil selonjoran makan es krim di pinggir pantai persis kayaknya asyik deh, diganggu pedagang ya diganggu deh .... no problemo :)) Tapi sejak liat pantai-pantai di Belitung langsung berasa gak perlu lah keluar negeri jauh-jauh, mahal-mahal sampe ke Phuket....beneran deh! Cuma ya itu aja, masih jauh dari komersiil kalau dibandingin sama pantai-pantai di Phuket. Kayanya udah ampir semua diceritain tentang trip Belitungnya, gimana? Udah jadi ngiler pengen ke Belitung juga gak? 

No comments:

Post a Comment